Download Winbox Mikrotik RouterOS terbaru beserta cara penggunaannya

November 23, 2017

Apa Sih Pengertian dari Winbox Mikrotik RouterOS ??

Sebelum anda Download winbox mikrotik routeros terbaru beserta  cara menggunakannya, sebaiknya ada mengetahui pengertian serta fungsi dari winbox itu sendiri agar ada tidak salah dalam menggunakan serta melakukan download software winbox tersebut.
Winbox merupakan sebuah program/aplikasi yang berjalan di windows dan digunakan untuk melakukan konfigurasi mikrotik routeros secara remote. Walaupun secara default winbox berjalan di sistem operasi windows, winbox juga bisa dijalankan pada sistem operasi lainnya seperti linux akan tetapi harus menggunakan emulator contohnya wine dalam sistem operasi linux. Berikut tampilan winbox 3.0 ketika dijalankan.
Winbox merupakan program / aplikasi yang berbasi TCP/IP, user dan Password. Maka untuk dapat mengakses mikrotik routeros maka kita harus memasukan IP Address, User dan password dengan benar. Atau bisa juga kita mengakses mikrotik routerOS lewat mac address dari interface router yang kita gunakan kemudian jangan lupa kita masukan user dan passwordnya. Secara default user dan password mikrotik routeros adalah user = “admin” dan password = “kosongkan”  (tidak ada password apa-apa) dann jangan lupa tanpa tanda kutif sedangkan IP Address defaultnya adalah 192.168.88.1 pada interface ether1
BACA JUGA:

 

  • Darimana kita dapatkan Winbox RouterOS yang terbaru?

    Untuk mendapatkan winbox mikrotik routeros terbaru, sebaiknya kita dapatkan langsung dari sumbernya yaitu mikrotik.com tepatnya pada menu download di bawah pada bagian “Userful Tools and utilities” sehingga kita akan mendapatkannya dengan mudah serta diberikan winbox mikrotik terbaru.
    atau juga bisa anda dapatkan pada local web router caranya adalah sebagai berikut:
    • Pastikan IP PC/Laptop anda satu network dengan Mikrotik RouterOS
    • Hubungkan Mikrotik RouterOS anda dengan PC/Laptop yang akan digunakan untuk konfigurasi menggunakan kabel utp (straight)
    • Cek koneksi antara PC dengan router apakah sudah terhubung atau belum dengan perintah ping_ip-router pada cmd di sistem operasi windows jika terhubung maka akan tampil TTL
    • pada PC/Laptop anda buka web browser contohnya mozila firefox
    • pada bagian address bar di browser anda ketik http://iprouter contoh http://192.168.88.1
    • Anda akan dibawa ke tampilan webfig yang tampilannya hampir sama dengan winbox kemudian masukan user dan password mikrotik (biasanya akan login otomatis)
    • pada bagian menu sebelah kiri di bawah klik menu winbox maka akan otomatis melakukan download winbox untuk routeros yang anda gunakan lebih jelasnya lihat gambar

    Bagaimana cara menggunakan winbox untuk meremote mikrotik RouterOS?

    cara menggunakan winbox mikrotik routeros cukup mudah akan tetapi ada beberapa hal yang perlu anda pahami sebelum menjalankan winbox mikrotik routeros diantaranya:
    1. Tidak semua jenis routerboard / RouterOS bisa diakses oleh semua versi winbox terutama jenis-jenis RouterBoard Haplite atau yang terbaru.
    2. Sebaiknya gunakan winbox versi terbaru agar benar-benar support terhadap semua jenis RouterBoard
    3. Jika anda ingin mengakses routerboard/RouterOS via Mac Address sebaiknya pastikan interface virtual pada PC/Laptop anda di Disable kan (biasanya interface virtualbox-host only atau interface virtual dari VMware) karena biasanya akan mengakibatkan error pada winbox mikrotik dan tidak bisa mengakses routeros.
    Jika ketiga hal diatas sudah dilaksanakan, maka seharusnya anda akan mudah dalam menggunakan winbox dalam melakukan remote mikrotik routeros yang akan kita konfigurasi. Berikut langkah-langkah akses mikrotik routeros menggunakan winbox :
    1. Pastikan routerboard/routeros yang akan kita akses dalam keadaan menyala. Jika mati maka pastikan kabel powernya terpasang atau jika routeros diinstall pada PC, pastikan PC yang terinstall routeros tersebut sudah berjalan dengan baik.
    2. Hubungkan interface Routerboard/PC yang terinstall routerOS dengan Laptop/PC yang akan digunakan untuk melakukan konfigurasi
    3. Pada PC/Laptop yang digunakan untuk melakukan konfigurasi/remote Router buka winbox yang terbaru sehingga tampilannya sebagai berikut:
    Pada gambar diatas menjelaskan bahwa ketika anda membuka winbox, maka anda akan disuguhkan dengan tampilan seperti gambar sebelah kiri, dan yang harus anda lakukan adalah dengan mengklik tompol Run sehingga anda akan dibawa ke halaman baru seperti pada gambar sebelah kanan.
    Jika sudah tampil halaman seperti pada gambar sebelah kanan, maka sebelum anda mengklik tombol connect sebaiknya anda memastikan dulu isian dari colom connect to, login dan password diisi dengan benar. misal isiannya seperti berikut:
    Connect to = “diisi dengan mac address yang muncul pada menu Neigbors” atau dengan IP Address router
    Login        = admin    ==>sesuai dengan user yang akan digunakan
    Password = ” “       ==>sesuai dengan password dari user yang digunakan
     
    HARAP DIINGAT:
    1. secara default IP Address router mikrotik = 192.168.88.1Login = admin Password = ” kosongkan”
    2. Jika User dan Password yang anda masukan salah karena mungkin anda lupa password maka langkah yang harus anda lakukan adalah mereset router tersebut. dan cara untuk reset password akan dijelaskan pada cara mereset mikrotik dengan mudah dan akurat.
    Demikian penjelasan yang bisa saya berikan pada artikel Download Winbox Mikrotik RouterOS terbaru beserta cara penggunaanya semoga bermanfaat …

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: