Pengertian, Manfaat dan Jenis-jenis jaringan Komputer

Sebelum kita bahas mengenai manfaat dan jenis-jenis Jaringan komputer secara umum, ada baiknya kita mengenal sejarah jaringan komputer serta prinsip atau pengertian dari jaringan komputer itu sendiri.

Sejarah jaringan Komputer

Jaringan komputer bermula dari ide untuk menghubungkan beberapa komputer lengkap dengan sistem operasi untuk mempermudah pekerjaan. Proyek ini terjadi pada tahun 1940-an dan diberi nama Model I, yang dikerjakan dilabolatorium Bell milik Group Harvard University. Secara bersamaan, berkembang model super komputer dengan fisik lebih besar, yang memiliki kekuatan, kecepatan dan keandalan yang lebih baik. Model ini digunakan untuk melayani beberapa terminal yang dikenal dengan nama TSS (Time Sharing System).
Karena harganya yang mahal, muncullah konsep terdistribusi yang memberikan tugas pada tiap host untuk mengerjakan prosesnya sediri pada jaringan. Setelah tahun 1970-an, model transistor berevolusi menjadi lebih ramping dan kecil dengan kemampuan yang lebih baik serta harganya yang lebih murah. Selain itu aturan protokol jaringan sudah mulai dibakukan sehingga memungkinkan terjadinya koneksi antar platform hardware yang berbeda-beda.
(sumber: Modul Melakukan Instalasi Jaringan Lokal untuk SMK – penerbit Erlangga)

Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan komputer merupakan kumpulan beberapa komputer yang terhubung melalui media transmisi dengan aturan/protokol tertentu sehingga dapat saling berkomunikasi satu sama lainnya. Tujuan dibangunnya suatu jaringan komputer adalah untuk membawa informasi secara tepat tanpa ada kesalahan dari sisi pengiriman menuju penerima melalui media komunikasi.

Manfaat Jaringan Komputer

Jaringan komputer mempunyai banyak sekali manfaat dalam kehidupan sehari-hari terutama untuk membantu mempermudah pekerjaan. Untuk lebih jelasnya berikut saya paparkan 8 Manfaat jaringan komputer secara umum adalah sebagai berikut:
  1. Berbagi Informasi dan sumber daya; Dengan jaringan komputer, kita bisa memanfaatkan peralatan dan sumber daya yang ada secara fisik bersama-sama seperti hardisk, printer, dan lain-lain.
  2. Integrasi Data; Maksudnya adalah dengan jaringan, kita bisa menyatukan data yang terpisah oleh jarak dan waktu dengan cepat dan akurat.
  3. Aplikasi dapat digunakan bersama (multiuser); Dengan jaringan kita bisa menggunakan suatu aplikasi yang ada pada sebuah host tanpa harus menginstalnya di komputer sendiri.
  4. Komunikasi; Dengan adanya jaringan, kita bisa berkomunikasi satu sama lain dengan cepat dan mudah baik suara maupun video. Contohnya sosial media.
  5. Distribusi beban kerja; Dengan jaringan, kita bisa membagi beban kerja ke beberapa komputer sehingga proses tidak terpusat dan beban kerja menjadi ringan.
  6. Keteraturan aliran informasi; Data yang telah dioleh jadi informasi dapat diakses dengan mudah oleh pengguna sesuai kebutuhan.
  7. Keamanan Data; Dengan jaringan, kita dapat mengamankan data dengan memberi batasan hak akses pengguna komputer terhadap data yang ada.
  8. Hubungan berbagai jenis dan merek komputer; Dengan adanya komputer, hubungan dan kompunikasi antar komputer yang berbeda-beda merek, jenis dan standar protokol bisa dibangun dengan mudah.

Kerugian Jaringan Komputer

Selain manfaat yang diberikan, tentu ada juga kerugian yang timbul dari jaringan komputer diatanranya:
  1. Membutuhkan biaya yang tinggi; Untuk membangun sebuah jaringan tentu tidaklah gratis bahkan membutuhkan biaya yang cukup besar untuk membeli perangkat yang akan digunakan.
  2. Manajemen perangkat keras dan Administrasi Sistem; Untuk membangun jaringan yang handal tentu harus mempunyai perencanaan yang tepat baik itu dalam penggunaan perangkat maupun administrasi sistemnya karena jika tidak dilakukan dengan benar maka akan sangat tidak bagus hasilnya terutama untuk pengembangan kedepannya.
  3. Sharing file yang tidak diinginkan; Sharing file tentunya ditujukan untuk orang-orang tertentu akan tetapi jika seorang administrator tidak jeli ini bisa mengakibatkan file yang kita share tersebut terbaca / dibaca oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab sehingga data yang kita share jadi bocor kepada orang yang seharusnya tidak boleh tau.
  4. Mudah terkena virus; Dalam sebuah jaringan terutama jaringan peer to peer jika sebuah komputer terkena virus, maka virus tersebut akan cepat menyebar ke komputer yang lainnya yang terhubung pada jaringan tersebut.
  5. Membutuhkan keamanan yang kuat; Untuk menghidari / mencegah serangan hacking atau bocornya informasi kepada yang tidak bertanggung jawab, maka dibutuhkan keamanan yang tinggi agar data yang ada tidak mudah dibobol oleh orang-orang yang tidak diinginkan.

 

Jenis-Jenis Jaringan Komputer

A. Jaringan Local Area Network (LAN)

Gambar Contoh Jaringan LAN

Jaringan LAN merupakan Jaringan yang menghubungkan komputer/host pada satu lokasi geografis atau gedung yang sama, dan terhubung melalui suatu media (kabel jaringan). Jaringan LAN memiliki daerah jangkauan sekitar 100 m – 2 km, tergantung jenis kabel penghubung yang digunakannya. Kecepatan transfer data antara 1 – 100 Mbps. Terdapat dua kategori Jaringan LAN yaitu Peer-to-peer Communication dan Client-Server Communication. 

Ciri-ciri LAN:

  1. Berkerja di Area Geografis yang terbatas
  2. Dapat digunakan multi-access hingga high-bandwidth media
  3. Administrasi dilakukan melalui Administrator Lokal
  4. Koneksi secara Full-Time dan langsung (Directly Connected)

Sedangkan perangkat yang umum digunakan untuk pembangunan jaringan Local Area Network (LAN) adalah Router, Swith, Hub, Repeater, Bridge, dan PC/Komputer.

 

B. Jaringan Wide Area Network (WAN)

Gambar Contoh Jaringan WAN

Jaringan WAN merupakan Jaringan yang menghubungkan komputer dalam area  geografis yang lebih luas dan duhubungkan melalui kabel telepon atau satelit baik antar negara maupun antar benua bahkan seluruh dunia. Sebuah jaringan bisa dikatakan sebagai WAN apabila mempunyai jarak hubungan media lebih dari 100 km. Karena jaraknya yang sangat jauh, maka media yang sering digunakan merupakan sambungan satelit maupun kabel fiber optik yang ditanam dibawah laut.

Ciri-ciri WAN:

  1. Berkerja di Area Geografis yang luas
  2. Dapat digunakan access melalui Serial Interface dengan kecepatan yang rendah.
  3. Koneksi secara Full-Time dan Part-Time
Dan perangkat yang biasa digunakan pada jaringan WAN diantaranya adalah Router, Communication Server dan Modem. Dari  kedua macam jaringan tersebut (LAN dan WAN) maka lahirlah istilah istilah jaringan yang lain, diantaranya adalah Metropolitan Area Network (MAN), Virtual Private Network (VPN),  Storage Area Network (SAN), dan Personal Ara Network (PAN).

C. Jaringan Metropolitan Area Network (MAN)

Gambar Contoh Jaringan MAN

Jaringan MAN merupakan jaringan yang memiliki ruang lingkup metropolitan area seperti kota. MAN biasanya terdiri dari dua atau lebih LAN dalam suatu area geografis. Sebuah jaringan komputer dikatakan sebagai MAN jika memiliki jarak radius antara 10 km – 50 km. MAN merupakan gabungan beberapa LAN yang saling terhubung satu sama lainnya meskipun berbeda topologi secara fisik maupun secara virtual.
Jaringan MAN sering dipergunakan untuk sambungan jarak jauh antar kantor atau organisasi yang masih satu manajemen yang bertujuan untuk sinkronisasi sistem informasi, pengontrolan dan sentralisasi sistem. Penerapan jaringan MAN sering digunakan untuk menghubungkan antar kantor cabang perusahaan serta  menggunakan media wireless sebagai media transmisinya. Media wireless banyak digunakan karena dengan media wireless,  biaya yang dikeluarkan cukup murah, fleksibel serta handal untuk koneksi jarak jauh.
Ciri-ciri jaringan MAN:
  1. Memiliki jarak sekitar 10-50 km (perkotaan) atau kurang dari 100 km untuk antar provinsi
  2. Merupakan kumpulan dari beberapa jaringan LAN
  3. tidak menggunakan serial communication.
Sedangkan perangkat yang biasa digunakan pada jaringan ini adalah Router, Switch, Hub, Bridge, Repeater, dan komputer

D. Virtual Private Network (VPN)

Gambar contoh Jaringan VPN
VPN merupakan jaringan pribadi yang dibangun didalam atau melalui  jaringan public seperti Internet. Melalui VPN, akses data ke jaringan pusat perusahaan dapat dilakukan melalui Internet dengan cara membangun secure tunnel antara komputer Client dan VPN router di jaringan pusat perusahaan.
VPN disebut Private network karena jaringannya bersifat pribadi, dimana hanya orang tertentu saja yang bisa mengaksesnya. Data yang dikirimkan pun terenkripsi sehingga aman dan tetap rahasia meskipun dikirim melalui jaringan publik

E. Storage Area Network (SAN)

Gambar Contoh Jaringan SAN
SAN merupakan jaringan yang memiliki Performa yang tinggi dan digunakan untuk komunikasi data antara servers dan storage resources. Server-server dapat memanfaatkan storage-storage yang ada dalam jaringan SAN ini. Akan tetapi komputer yang ada di jaringan LAN tidak dapat menggunakan secara langsung storage yang yang ada di jaringan SAN.

 

F. Personal Area Network (PAN)

Gambar Contoh Jaringan PAN

 

Personal Area Network adalah Jaringan komputer atau titik akses yang digunakan untuk berkomunikasi ke berbagai perangkat pribadi seperti komputer, ponsel, telepon, dan printer. Kontrol PAN dilakukan dengan authoritas pribadi. Data yang ditransmisikan oleh PAN bersifat  personal karena digunakan untuk keperluan pribadi. Teknologi dan protokol yang digunakan PAN diantaranya adalah Wifi , Wireless Application Protocol (WAP), Bluetooth, Infrared, dan lain-lain. Personal Area Network hanya mampu menjangkau beberapa meter saja.
Demikian penjelasan singkat mengenai sejarah jaringan komputer, keuntungan dan kerugian jaringan komputer serta jenis-jenis jaringan komputer yang bisa saya sampaikan. Semoga dapat memberi manfaat bagi penulis dan para pembaca yang budiman.. Aamiin..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *