STRUKTUR DAN KELEBIHAN FIBER OPTIK

STRUKTUR DAN KELEBIHAN FIBER OPTIK: Kabel fiber optic merupakan salah satu media transmisi yang terbuat dari bahan dasar kaca, dimana sinyal ditransmisikan melalui fiber optic ini berupa cahaya yang dihasilkan oleh sumber cahaya yaitu LASER maupun LED.

Perkembangan teknologi serat optic saat ini, telah menghasilkan redaman (attenuation) per kilometer yang sangat kecil dan mempunyai lebar pita (bandwidth) yang lebar sehingga mampu mentransmisikan data lebih banyak dan lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan kabel konvensional seperti kabel UTP dan Coaxial. Redaman akibat penyerapan cahaya didalam fiber optic ditentukan oleh kemurnian bahan penyusun kaca. Semakin murni bahan kaca maka semakin kecil cahaya yang diserap sehingga redaman per kilometernya lebih kecil.

A. PRINSIP KERJA FIBER OPTIK

Prinsip kerja fiber optic dimulai dari sinyalawal yang berbentuk signal electric ini pada transmitter diubah oleh transducer elektrooptik (Laser Dioda) menjadi gelombang cahaya yang kemudian ditransmisi kan melalui kabel serat optik menuju Receiver yang terletak pada ujung lainnya dari serat optik, pada receiver signal optik ini diubah oleh transducer Optoelektronik ( Dioda) menjadi signal electrik kembali. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar berikut ini:
Gambar ilustrasi prinsip kerja fiber optic

B. STRUKTUR KABEL FIBER OPTIK

Struktur kabel fiber optic pada umumnya terdiri beberapa bagian yaitu core, cladding, coating serta strength member dan outer jacket. Seperti terlihat pada gambar berikut ini:
Gambar struktur kabel Fiber Optik
  1. Core (inti), berfungsi untuk merambatnya cahaya dari ujung satu ke ujung lainnya. Core terbuat dari bahan kaca/kuarsa dengan kualitas sangat tinggi serta merupakan bagian utama dari serat optic karena perambatan cahaya sebenarnya terjadi pada bagian ini. core pada kabel fiber optic memiliki diameter 10 mikro meter sampai dengan 50 mikro meter dan ukuran core sangat mempengaruhi karakteristik serat optic
  2. Cladding (lapisan), berfungsi sebagai cermin (waveguide) sehingga cahaya tetap terpadu didalam core dengan cara memantul dan merambat dari ujung satu ke ujung lainnya. Cladding terbuat dari bahan gelas dengan indeks bias lebih kecil dari core. Cladding juga merupakan selubung (pelapis) core. Hubungan indeks bias antara core dengan cladding akan mempengaruhi perambatan cahaya pada core (mempengaruhi sudut kritis).
  3. Coating (jaket), berfungsi sebagai pelindung mekanis serat optic dari kerusakan yang dapat terjadi dari lengkungan kabel dan ganggunan luar. Selain itu, coating juga berfungsi sebagai pengkodean warna. Coating terbuat dari bahan plastic.
  4. Strength Member & Outer Jacket, bagian ini mempunyai fungsi yang hamper sama dengan coating yaitu sebagai pelindung yang menjaga kabel dari gangguan luar yang bisa menyebabkan kerusakan pada bagian core. akan tetapi bagian ini biasanya terbuat dari bahan plastic yang lebih kuat dari pada bahan untuk coating.

C. KELEBIHAN DAN KEKURANGAN FIBER OPTIK

Jika dibandingkan dengan kabel konvensional, fiber optic mempunyai banyak kelebihan diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Bandwidth sangat besar dengan kecepatan transmisi mencapai gigabit-per detik dan menghantarkan informasi jarak jauh
  2. Biaya pemasangan dan pengoperasian yang rendah serta tingkat keamanan yang lebih tinggi
  3. Ukuran kecil dan ringan, sehingga hemat pemakaian ruang
  4. Kebal terhadap gangguan elektromagnetik dan gangguan gelombang radio
  5. Non-Penghantar,  tidak mengalirkan listrik dan percikan api
  6. Tidakberkarat.
Selain mempunyai kelebihan tentu setiap hal juga mempunyai kekurangan, kekurangan dari fiber optic diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Instalasi dan maintenance menggunakan tenaga yang ahli.
  2. Komponen FO mahal dan membutuhkan biaya ekstra dalam pengaplikasian yang lebih spesifik.
  3. Kabel fiber optik menggunakan gelombang cahaya untuk mentransmisikan data, maka kabel jaringan jenis ini tidak dapat diinstal dalam jalur yang berbelok secara  tajam  atau  menyudut

Untuk selengkapnya mengenai jenis-jenis fiber optic akan dibahas pada artike berikutnya. Sekian uraikan mengenai struktur dan kelebihan fiber optic yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi kita semua..aamiin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *