4 KOMPONEN SISTEM KOMUNIKASI SERAT OPTIK (SKSO)

4 Komponen Sistem Komunikasi Serat Optik (SKSO) adalah Sistem komunikasi yang dalam pengiriman dan penerimaan sinyal menggunakan sumber optik, detector optic, dan serat optic sebagai media transmisi dengan menggunakan Panjang gelombang cahaya 850 nm, 1300 nm dan 1550 nm.
Gambar skema system Komunikasi Serat Optic

Komponen system komunikasi Serat optic (SKSO) terdiri dari 4 bagian yaitu:

1. Sumber Optik (Light Source)

Sumber Optik (Light Source) berfungsi sebagai pengubah besaran sinyal listrik (elektris) menjadi sinyal cahaya (Optik) atau biasa disebut Elektrical to Optical Converter. Ada dua jenis sumber optic yang biasa digunakan dalam Sitem Komunikasi Serat Optik yaitu Light Emitting Diode (LED) dan Laser.

a. Lighat Emitting LED

Light Emitting Diode (LED) merupakan diode semi konduktor yang memancarkan cahaya karena mekanisme emisi spontan. LED mengubah besaran arus menjadi besaran cahaya. Dalam SKSO, ada dua jenis LED yang biasa digunakan yaitu jenis Surface Emitting LED dan Edge Emitting LED.
Perbedaan Surface Emitting LED dengan Edge Emitting LED dalam komunikasi Serat Optik  terletak dari segi penyebaran emisinya. Pada Surface Emitting LED, emisi cahaya menyebar ke sekeliling sedangkan pada Edge Emitting LED, emisi cahaya menuju ke depan. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar dibawah ini:
Gambar Perbedaan Surface Emitting LED dengan Edge Emitting LED
b. Light Amplification by Simulated Emission of Radiation (LASER)
Light Amplification by Simulated Emission of Radiation atau disingkat LASER adalah mekanisme dari suatu alat yang memancarkan radiasi elektromaknetik melalui proces pancaran terstimulasi. Baik radiasi elektromagnetik yang dapat dilihat maupun yang tidak dapat dilihat. Laser juga merupakan komponen semikonduktor yang dapat menghasilkan radiasi koheren yang dapat dilihat oleh mata ataupun dalam bentuk spektrum infra merah (Infrared/IR) ketika dialiri arus listrik.
Yang dimaksud dengan Radiasi Koheren adalah radiasi dimana semua gelombang  berasal dari satu sumber yang sama dan berada pada frekuensi dan fasa yang sama juga. Laser juga memiliki lebar spectral yang lebih sempit sampai dengan 1 nano meter.

2. Media Transmisi

Komponen yang kedua pada Sistem Komunikasi Serat Optik adalah Media transmisi. Media transmisi berfungsi untuk menyalurkan gelombang cahaya dari pengirim (transmitter/TX) menuju penerima (Receiver/RX). Media transmisi pada Sistem Komunikasi Serat Optik adalah fiber optic.

3. Optical Amplifier dan Repeater

Komponen yang ketiga dalam Sistem Komunikasi Serat Optik adalah Optical Amplifier dan Repeater. Komponen ini digunakan jika daya yang dikirimkan dari light source tidak mencukupi untuk mencapai detector optic yang disebabkan oleh loss atau redaman pada saluran serat optic. Sebagai pendekatan, Optical Amplifier dan repeater biasa digunakan jika jangkauan kabel lebih dari 60 Km.
Salah satu optical amplifier yang berperan penting pada sistem telekomunikasi serat optic adalah Erbium Doped Fiber Amplifier (EDFA) terutama untuk transmisi jarak jauh atau jaringan backbone. Untuk mengatasi kehilangan daya, in-line amplifier ditempatkan pada saluran transmisi. Pada aplikasi ini EDPA dapat mendukung penguatan sinyal dengan gain yang besar, baik untuk menguatkan sinyal dengan system transmisi Panjang gelombang tunggal maupun transmisi berbasis Wavelength Division Multiplexing (WDM). Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar berikut ini:
Gambar Penggunaan EDFA

4. Detektor Optik (Photo Detector)

Komponen yang ke empat pada Sistem Komunikasi Serat Optik adalah Detektor Optik yang digunakan untuk menangkap sinyal intensitas yang dikirim sumber cahaya lewat media transmisi. Photo Detector/Detektor Optik berfungsi berfungsi untuk mengubah variasi intensitas cahaya menjadi variasi yang lain seperti arus listrik, atau biasa disebut sebagai Optical to Electrical Converter. Sedangkan komponen pada photo Detector adalah  Dioda PIN/APD dan Electical Circuit (EC)

Demikian penjelasan singkat mengenai 4 Komponen Sistem Komunikasi Serat Optik, semoga dapat memberikan manfaat khusus bagi penulis dan umumnya bagi para pembaca yang diberkahi Alloh SWT..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *