8 LANGKAH MUDAH MELAKUKAN NET INSTALL MIKROTIK RB951Ui-2HnD

November 23, 2017

Setelah sebelumnya kita mempelajari menganai Pengertian dan Sejarah Mikrotik, Arti RouterBoard RB951Ui-2HnD , Pengertian, Fungsi dan Bagian-Bagian Winbox, Serta memahami 3 cara cepat reset RouterBoard dengan mudah dan akurat, maka saat ini saya akan mencoba share materi mengenai “Cara Mudah Net Install RB951Ui-2HnD”.

 

APA ITU NET INSTALL?

NetInstall adalah program yang berjalan pada komputer Windows yang memungkinkan Anda untuk menginstal, menginstal ulang atau me-reset MikroTiK RouterOS ke PC atau ke RouterBOARD melalui kabel Ethernet. Walaupun demikian sebenarnya selain menggunakan kabel Ethernet (UTP) kita juga bisa melakukan netinstall dengan menggunakan kabel Serial dengan syarat tentunya routerboar yang akan kita netInstall harus mempunyai port serial. Dan untuk lebih jelasnya terlihat pada topologi net install berikut:

Topologi 2 menggunakan kabel Serial atau melalui kabel UTP


Ada dua metode yang bisa kita gunakan dalam melakukan netInstall yaitu bisa menggunakan kabel ethernet (UTP) dan mengngunakan kabel serial. Menggunakan kabel serial berlaku jika routerboard yang akan kita net install mempunyai port serial.

Untuk melakukan netInstall, kita harus menggunakan aplikasi yang namanya netinstall.exe yang bisa di download di mikrotik.com.  Untuk melakukan netinstall, hampir semua jenis routerboard harus dipasang pada ether1. Karena hampir semua RouterBoard support booting melalui port ether1 kecuali pada routerboard RB1100/RB2100 dan perangkat CCR support bootingnya melalui ethernet terakhir. 

Netinstall menggunakan protocol Bootp, maka sebelum kita melakukan netinstall sebaiknya kita pastikan dahulu bahwa Routerboar yang akan kita netinstall support booting melalui ethernet (biasanya melalui ether1) .
sebagai catatan ingat setelah routerboard kita netinstall, semua konfigurasi yang ada pada routerOS akan hilang maka dari itu sebaiknya sebelum kita netinstall kita harus backup dahulu.

 

PERSIAPAN SEBELUM MELAKUKAN NET INSTALL

Sebelum kita melakukan netinstall, ada beberapa hal yang harus kita lakukan diantaranya:

  1. Siapkan kabel UTP (straigh-Over atau Cross-Over juga gak masalah) dengan panjang secukupnya
  2. Matikan Firewall di PC Anda
  3. Download aplikasi netinstall dari mikrotik.com.
  4. Download file .npk RouterOS dari mikrotik.com. (sesuaikan dengan arsitektur RouterBoard dan versi RouterOS yang anda inginkan) contoh saya menggunakan RB951Ui-2HnD maka arsitektur Routerboardnya adalah MIPSBE dan routerOs versi 3.22
  5. Sebaiknya disablekan semua port interface pada PC anda kecuali interface yang digunakan untuk menghubungkan PC dengan RouterBoard.
  6. Setting IP Address PC anda yang satu segment (network) dengan IP Pada routerboard. contoh jika PC anda menggunakan IP Address 192.168.1.1, netmask 255.255.255.0
  7. Settinglah Routerboard anda dengan IP 192.168.1.2 caranya adalah:
  • Jalankan program netinstall.exe,
  • Tekanlah tombol Net booting
  • Ceklis Boot Server Enable kemudian Pasang IP address seperti gambar dibawah ini:

LANGKAH-LANGKAH MELAKUKAN NETINSTALL

Setelah mempersiapkan semuanya diatas, sekarang saatnya melakukan net install dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Hubungkan RouterBoard dengan PC/Laptop yang akan digunakan untuk melakukan netinstall dengan kabel UTP sesuai dengan topologi diatas (topologi 1)
  2. Jalankan aplikasi Net Install yang telah di download pada PC / Lapto anda
  3. Tekan tombol Net Booting pada program net install, ceklist pilihan Boot Server enable kemudian pasang IP address yang valid (Ingat harus satu network dengan IP yang dipasang pada PC/Laptop yang digunakan untuk melakukan net install
  4. Jalankan RouterBoard sambil menekan tombol reset sehingga muncul tampilan berikut: (caranya sama seperti melakukan reset routerboard – reset button
  5. Klik tombol Browse kemudian arahkan kepada folder tempat anda meletakkan  file .npk yang sebelumnya di download (sebaiknya file .npk dan aplikasi net install disimpan dalam satu folder yang sama)  
  6. Jika file .npk nya sesuai dengan arsitektur RouterBoar nya maka akan tampil pilihan versi routerOS yang akan di installkan, ceklist sesuai dengan versi yang diinginkan kemudian tekan tombol install  
  7. Tunggu sampai proses install selesai kemudian tekan tombol reboot. 
  8. Selesai dan routerboard anda sudah berhasil di install ulang (net Install)

Demikian 8 langkah melakukan net install routerboard, mudah-mudahan bisa membantu dan silahkan share link artikel ini agar semakin banyak orang yang terbantu. Jangan lupa baca juga artikel-artikel lain di www.sobartea.com

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: