3 Cara Mereset Router Mikrotik Dengan Mudah dan Akurat

November 23, 2017

3 Cara Mereset Router Mikrotik Dengan Mudah dan Akurat: Pada kondisi tertentu, ada kalanya dengan alasan tertentu kita harus melakukan reset konfigurasi pada sebuah router mikrotik mulai dari lupa user atau password untuk login sampai karena kita  menemukan konfigurasi yang sangat kompleks untuk di rekonstruksi lanjut sehingga kita memilih untuk mekonfigurasi ulang dari awal agar lebih mudah dan tidak terlalu banyak membuang waktu.

Perlu kita ketahui bahwa ada beberapa cara untuk mereset sebuah router mikrotik yaitu  melalui soft reset (reset dengan software atau dari dalam router) dan hard reset (reset dari perangkatnya). Hard reset maksudnya adalah melakukan reset router secara hardware bisa dengan melakukan reset button atau bisa juga dengan reset jumper dimana Reset hardware  biasanya dilakukan pada Semua Jenis RouterBoard. Sedangkan reset software merupakan cara mereset mikrotik melalui software routeros (bisa menggunakan winbox, webfig, terminal, ssh maupun telnet) akan tetapi untuk melakukan softreset, admin harus mengetahui user dan password mikrotik agar bisa masuk ke system.

Hard reset sebaiknya dilakukan sebagai pilihan terakhir jika kita tidak bisa mengakses router misalnya karena lupa user atau passwordnya. Jika kita terlalu sering melakukan hard reset, maka ini bisa merusak bagian hardware router (tombol reset). Bagi teman-teman yang belum memahami cara reset perangkat mikrotik, berikut 3 cara reset Router / perangkat mikrotik:

  1. Soft Reset melalui aplikasi (winbox, terminal dan webfig)
  2. Hard Reset melalui Reset Button
  3. Hard Reset melalui Reset Jumper

 

BACA JUGA:

 

1. Reset Perangkat Mikrotik melalui Soft Reset

Cara mereset mikrotik dengan soft reset maksudnya adalah melakukan reset konfigurasi mikrotik melalui software bisa menggunakan Graphical User Interface (GUI) maupun Command Line Interface (CLI). Hal yang harus kita pahami jika ingin melakukan reset perangkat mikrotik melalui soft reset baik melalui aplikasi winbox, melalui webfig maupun melalui terminal / console diantaranya adalah kita harus mengetahui user & password untuk akses ke perangkat mikrotik dengan level full. Adapun pada kesempatan ini langkah yang akan dijelaskan dalam melakukan reset perangkat mikrotik adalah melalui winbox saja, berikut cara lengkapnya:

  1. Akses Mikrotik routerOS menggunakan Winbox atau Webfig
  2. Jika sudah bisa diakses masuk ke menu System kemudian pilih submenu Reset Configuration sehingga muncul tampilan berikut: 
  3. Sebelum menekan tombol Reset Configuration, pastikan anda memilih (mencentang) beberapa pilihan yang muncul (Keep User Configuration, No Default Configuration dan Do Not Backup) sesuai kebutuhan.
  4. Tekan Tombol Reset Configuration kemudian router akan melakukan reboot secara otomatis
  5. Jika router sudah siap diakses (setelah reboot), silahkan akses kembali menggunakan winbox kemudian cek hasilnya dan seharusnya reset router sudah berhasil sesuai dengan perintah yang dimasukan pada langkah nomor 2 diatas.

 

Apa perbedaan dari pilihan Keep User Configuration, No Default Configuration dan Do Not Backup?

  • Keep User Configuration maksudnya maksudnya adalah jika anda mencentang pilihan ini berarti setelah router di reset, maka user yang ada tidak akan terhapus sehingga anda bisa mengakses router dengan user yang ada sebelumnya.
  • No Default Configuration maksudnya jika anda mencentang pilihan ini berarti setelah router berhasil di reset dengan teknik ini, maka konfigurasi bawaan router mikrotik akan di hapus sehingga router benar-benar kosong alias tidak ada konfigurasi apapun.
  • Do Not Backup maksudnya jika anda mencentang pilihan ini, maka semua file backup (yang ada pada menu File) akan dihilangkan sehingga tidak ada file backup an.
Dari penjelasan diatas, maka jika anda hendak melakukan reset mikrotik menggunakan cara ini, anda harus memastikan dahulu mana yang harus di Ceklis pada ketiga pilihan (Keep User Configuration, No Default Configuration dan Do Not Backup) agar hasilnya sesuai dengan harapan.
Selain dengan cara GUI, mikrotik juga bisa di reset dengan mode CLI baik itu langsung (via terminal) maupun remote (via telnet/ssh) yaitu dengan cara:
  1. Login ke router mikrotik yang akan di reset
  2. Jika sudah masuk, ketikan perintah berikut:
[admin@mikrotik] > system reset-configuration   <enter>
kemuaian akan muncul pilihan/tampilan berikut, ketikan pilihan y:
Dangerous! Reset anyway? [y/n]: y
tunggu hingga proses selesai dan router akan melakukan reboot.

2. Reset Button

Mereset mikrotik dengan cara reset button adalah dengan cara menekan tombol reset (pada lubang kecil) dekat power dengan menggunakan pensil/ball point atau semacamnya yang pas dengan lubang kecil tersebut selama beberapa detik. berikut letak tombol reset pada RouterBoard.

Adapun caranya melakukan reset button adalah sebagai berikut:
  1. Siapkan pensil/ballpoint untuk menekan tombol pada lubang kecil tersebut
  2. Pastikan mikrotik routerboard dalam keadaan mati (kabel power di cabut)
  3. Tekan tombol Reset (pada lubang kecil dekat power) dengan menggunakan pensil/ballpoint dengan penuh perasaan (jangan terlalu keras karena bisa merusak tombol tersebut)
  4. Masukan kabel power router (tanpa melepas tekanan pada tombol reset)
  5. Tunggu beberapa detik sampai lampu indikator ACT berkedip
  6. Lepaskan tekanan pensil/ballpoint pada tombol reset
  7. Jika dilakukan dengan benar langkah diatas seharusnya router sudah kembali pada settingan awal
Reset Button juga sebagai boot squence untuk memilih router Booting dari disk atau ethernet contohnya pada saat melakukan Netinstall.

3. Reset Jumper

Reset jumper adalah teknik melakukan reset pada sebuah routerboard dengan cara menghubungkan jumper yang berada di dalam cassing dan biasanya terletak di bawah kaki routerboard atau di sampingnya seperti pada gambar di bawah (pada kotak merah) seperti berikut. Reset mikrotik dengan cara jumper sebaiknya merupakan cara terakhir jika saja kita tidak bisa melakukan reset dengan reset button akibat tombol button yang rusak atau routerboardnya tidak mempunyai tombol reset. Sedangkan cara reset jumper hampir sama seperti reset button yaitu:

  1. Hubungkan jumper (bisa menggunakan obeng seperti gambar diatas)
  2. Nyalakan routerboar
  3. tunggu sampai beberapa detik seperti halnya reset button
  4. jika langkah diatas lakukan dengan benar maka routerboard sudah berhasil di reset.
Dari semua cara mereset mikrotik diatas, maka dapat kita simpulkan bahwa reset router mikrotik dilakukan berdasarkan beberapa alasan diantaranya karena lupa user dan password saat login atau karena konfigurasi yang terlalu komplek dan tidak sesuai kebutuhan. Adapun cara mereset mikrotik secara umum bisa dilakukan dengan beberapa cara diantaranya adalah Hard Reset bisa Reset Button maupun  Reset Jumper serta bisa juga dengan soft reset bisa melalui Graphical User Interface misalnya menggunakan wibox maupun Command Line Interface misalnya menggunakan terminal.
Demikian penjelasan yang bisa saya sampaikan pada cara mereset Mikrotik dengan mudah dan akurat semoga bermanfaat.

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: